Notifications

Kelahiran Ganesa Versi Siva Purana

Kisah Kelahiran Dewa Ganesha menurut Shiva Purana.



Dikisahkan bahwa Jaya dan Wijaya yang merupakan sahabat Dewi Parwati mendiskusikan tentang hasrat Dewi Parwati. Atas saran kedua sahabat tersebut, Dewi Parwati menciptakan seorang putra dari debu tubuh kosmiknya yang akan direncanakan untuk memimpin semua Gana Shiva dan seraya berkata :
“Harus ada putraku yang harus menunaikan tugasnya dengan sangat cermat. Ia tidak mesti mematuhi perintahku ”. Dari Sankalpa-Nya, lahirlah seorang putra yang diberi nama Ganesha.

Lalu Dewi Parwati berpesan kepada putranya : “ Mulai saat ini dan seterusnya jagalah pintu masukku dan jangan sekalipun mengijinkan siapapun yang masuk tanpa ijin dariku."
Saat itu Dewi Parwati memberikan sebuah senjata ampuh untuk menjaga pintu masuk Dewi Parwati. Setelah itu Dewi Parwati meninggalkan tempat tinggalnya untuk mandi mensucikan diri. Tiba – tiba Dewa Siwa datang yang berkeinginan untuk masuk ketempat tinggal-Nya, namun di hadang oleh Ganesha sesuai dengan pesan ibunya yang melarang siapapun yang masuk tanpa ijin dari Dewi Parwati.
Ganesha tidak tahu siapa Dewa Siwa sesungguhnya. Atas tindakan Ganesha tersebut maka Dewa Siwa menjadi murka dan berkata “ Ini tempat tinggalku dan Dewi Parwati adalah istri-ku, siapakah engkau melarang aku masuk?”.
Tanpa basa- basi terjadilah pertempuran dimana Dewa Siwa dibantu oleh semua Gana, Dewa Brahma, Dewa Wisnu serta para dewa yang dipimpin Dewa Indra dan para Maharesi mengeluarkan senjatanya masing-masing. Dewa Siwa mengeluarkan trisulanya dan Dewa Wisnu menciptakan kabut ilusi dan memecahkan senjata Ganesha dengan cakranya dan akhirnya kesempatan baik itu digunakan Dewa Siwa untuk memenggal kepala Ganesha.

Dengan kematian Ganesha kesedihan Dewi Parwati memuncak yang menyebabkan Dewa Siwa menjadi iba dan berjanji akan mencarikan kepala apa saja yang ditemuinya di daerah bagian selatan. Dewa Siwa menuju arah selatan dan bertemu dengan raksasa kegelapan yang bernama Gajasura yang berkepala gajah dan memenggal leher raksasa Gajasura yang saat itu tertidur lelap. Kemudian Dewa Siwa membawa kepala Gajasura tersebut dan memasangkannya kepada Ganesha.

Akhirnya setelah Ganesha hidup kembali semua para dewa menganugrahi semua kekuatan (Bhudi, shakti, siddhi) kepada Ganesha dan Dewi Parwati berkata “ Oh putraku, kau akan menerima puja pertama dari semua dewa lainnya”. Semua rintangan akan dilenyapkan bila orang menyembahmu. Dan Dewa Siwapun menganugerahinya dengan bersabda “ Oh putraku Ganesha, siapapun yang memujamu dengan tulus dan bhakti baik dengan nyanyian atau tindakan pelayanan akan mencapai keberhasilan dari semua usaha yang dilakukannya, Semua halangan akan dilenyapkan.

sumber: https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=349679381846190&id=338832119597583
Post a Comment