Banten Oton/Ayaban Tumpeng 5 dan tumpeng 7

Banten Oton/Ayaban Tumpeng 5 dan tumpeng 7

Salah satu upakara mengenai Banten Oton/Ayaban Tumpeng 5 dan tumpeng 7 

Banten Ayaban Tumpeng 5, Terdiri dari:

1.   Peras: 2 tumpeng
2.   Pengambean: 2 tumpeng
3.   Dapetan : 1 tumpeng
4.   Gebogan
5.   Sesayut
6.   Rayunan
7.  Teterag

Makna masing-masing banten tersebut adalah:

1. Peras

Kata “Peras” berarti “Sah” atau “Resmi”, dengan demikian penggunaan banten “Peras” bertujuan untuk mengesahkan dan atau meresmikan suatu upacara yang telah diselenggarakan secara lahir bathin.

2. Pengambean

Pengambean berasal dari akar kata “Ngambe” berarti memanggil atau memohon. Banten Pengambeyan mengandung makna simbolis memohon karunia Sang Hyang Widhi dan para leluhur guna dapat menikmati hidup dan kehidupan senantiasa berdasarkan Dharma di bawah lindungan dan kendali Sang Hyang Widhi dan para Leluhur.

3. Dapetan

Banten dapetan disimbolkan sebagai wujud permohonan kehadapan Sang Hyang Widhi agar dikaruniai atau dikembalikan kekuatan Tri Pramana termasuk kekuatan Tri Bhuwananya.

4. Gebogan

Gebogan merupakan simbol persembahan dan rasa syukur pada Tuhan/Hyang Widhi. Gebogan atau juga disebut Pajegan adalah suatu bentuk persembahan berupa susunan dan rangkaian buah buahan dan bunga.

5. Sesayut

 banten sesayut berasal dari kata “sayut” atau “nyayut” dapat diartikan mempersilakan atau mensthanakan, karena sayut disimbulkan sebagai lingga dari Ista Dewata, sakti dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

6. Rayunan

Rayunan juga sering disebut sebagai Ajuman/Sodan/Ajengan, yang mana dipergunakan tersendiri sebagai persembahan ataupun melengkapi daksina suci dan lain-lain.

7. Teterag

Khusus untuk teterag admin belum mendapatkan informasinya, barangkali diantara teman pembaca yang tahu mohon saling sharing ya!

Banten Ayaban Tumpeng 7
Terdiri dari :

1.      Banten peras: 2 tumpeng
2.      Bnten Pengambian:2tumpeng
3.      Banten Dapetan: 1 tumpeng
4.      Banten Guru: 1 tumpeng
5.      Banten pengiring: 1 tumpeng
6.      Banten Gebogan.
7.      Banten Sesayut.
8.      Banten Rayunan.
9.      Banten Taterag.

Tambahannya hanya pada guru dan pengiring selebihnya sama dan sudah dijelaskna pada ayaban tumpeng lima.

1. Banten Guru
Untuk Banten Guru, mohon maaf admin belum dapat referensi.jika ada yang paham boleh sharing dan dilengkapi penjelasannya dikolom komentar.

2.Banten Pengiring

Banten pengiring adalah sesajen yang alasnya adalah sebuah taledan/tamas, kemudian secara berturut-turut diisi pisang, buah-buahan, tebu, kue, dua buah tumpeng, sampian tangga dan canang genten.

Tulisan ini bukan untuk menggurui, melainkan sebagai bahan berbagi,  jika ada perbedaan mohon dimaklumi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel