Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Cara Agar Selalu Pikiran Kita Kepada Hyang Widhi, Agar Selalu Dipermudah Segala Urusan Kita

 Setiap manusia mempunyai agama dan kepercayaan masing-masing, Tuhan itu cuma satu tapi disetiap agama tata caranya berbeda-beda untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Begini Cara Agar Selalu Pikiran Kita Kepada Hyang Widhi, Agar Selalu Dipermudah Segala Urusan Kita


Dengan kita berdoa dan bersembahyang kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Ida Shang Yang Widi Wasa dan Selalu di lindungi Ida Shang Hyang Widi Wasa. Disini Ada 
Tips Atau Cara Agar Kita Pikiran Selalu Kepada Tuhan (Ida Shang Hyang Widi Wasa) menurut sloka yang ada di kitab Bagawad Gita.


Pusatkan pikiranmu hanya pada-Ku, biarlah kesadaranmu ada pada-Ku, setelah itu engkau akan hidup di dalam-Ku, dan ini tak perlu disangsikan lagi. (Bhagawad Gita.XII.8). Hal tersebut sangat sulit dilaksanakan, biasa dilakukan oleh para sanyasin. Apabila engkau tak mampu memusatkan pikiranmu dengan mantap pada-Ku, maka usahakanah mencapai-Ku dengan jalan yoga kebiasaan. (Bhagawad Gita.XII.9).

Bila kondisi spiritual ini tidak dapat muncul secara spontan, seperti yang biasa dilakukan oleh para sanyasin, kita harus melakukan konsentrasi, sehingga secara berangsur-angsur kita dapat memantapkan diri kita dalam mengarahkan jiwa kita kepada Tuhan. Dengan pelaksanaan ini, sifat-sifat Ketuhanan perlahan-lahan akan mengambil sifat kita.

Bila engkau tidak sanggup melakukan yoga kebiasaan, lakukanlah kerja demi Aku, kendatipun dengan melakukan kegiatan kerja, jika itu dilakukan demi Aku, engkau akan mencapai kesempurnaan. (Bhagawad Gita.XII.10)

Bila konsentrasi sulit dilakukan karena kecenderungan-kecenderungan dari pikiran yang mengarah keluar atau situasinya tidak memungkinkan, maka lakukanlah segala kegiatan kerja yang semua dipersembahkan demi Tuhan semata. Dengan demikian sang pribadi akan sadar terhadap realitas abadi.

Apabila ini juga tidak dapat engkau lakukan, carilah perlindungan dalam yoga kepada-Ku, tanggalkan semua pahala karma itu, lakukan dengan berpegang teguh dalam mengendalikan diri. (Bhagawad Gita.XII.11).

Inti ajaran pada sloka 11adalah mengharapkan agar seseorang dalam mencari kebahagiaan, tujuan hidup tertinggi, hendaknya tidak berbuat hanya untuk mengejar keuntungan (pahala) melainkan prinsip kerja itu adalah berdasarkan atas sikap mental yang tidak menggantungkan kerja itu pada tujuan mendapat keuntungan pribadi melainkan pada kebahagiaan bersama.

Jika pekerjaan atau belajar kita sepenuhnya dirangkaikan dengan pengabdian kepada Tuhan, maka secara alami kita akan mengingat-Nya sambil belajar atau bekerja. Tapi jika pekerjaan diwarnai oleh motif kepuasan rasa, maka secara alami akan sulit bagi kita untuk mengingat Tuhan saat kita terlibat dalam suatu kegiatan.

Oleh karena itu rahasia sukses rohani dalam kondisi ini adalah memberikan semua keinginan untuk kepuasan materi rasa dan mempersembahkan semua kegiatan-kegiatan kita sepenuhnya dalam pelayanan kepada Tuhan. Dengan cara ini kita akan secara alami mudah mengingat Tuhan sepanjang waktu dan pada saatnya, kita akan senantiasa mengingat-Nya tanpa harus dikondisikan terlebih dahulu.

Demikian artikel tentang Tips Atau Cara Agar Kita Pikiran Selalu Kepada Tuhan (Ida Shang Hyang Widi Wasa) ini saya buat, Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca....Suksma....