Notifications

Inilah yang Melinggih di Sedan Karang, Ini Pula Doanya

Inilah yang Melinggih di Sedan Karang, Ini Pula Doanya
Pelinggih Sedahan Karang atau disebut dengan Tugu Pengijeng, Penunggun Karang atau Tunggun Karang, jika diterjemahkan secara harfiah menjadi "kuil untuk penjaga rumah". Kata "sanggah/tugu" berarti "tempat / bangunan suci", kata "pengijeng/penunggun" berarti penjaga. atau "untuk tinggal di rumah") dan kata "karang" berarti "halaman rumah". Dan hari ini yaitu hari Tumpek Wariga adalah piodalan Penunggun Karang.

Penunggun Karang merupakan stana Dewi Durga dalam manifestasinya sebagai Sang Hyang Durga Manik Maya atau lebih dikenal sebagai Sang Hyang Cili Manik Maya dan sebagai stana Bhatara Kala Raksa, karena beliau berdua dipercaya sebagai penguasa seluruh kekuatan tak kasat mata di Bali.

Penunggun Karang bertugas sebagai pelindung penghuni rumah dari orang berniat jahat dan gangguan gaib. Bagi penekun leak desti (ilmu hitam), untuk mengirim teluh dan destinya kepada target terlebih dahulu ia harus memohon kepada Hyang Nini Bhairawi di pemuhun setra (kuburan). Atas perintah Hyang Nini, maka pasti disuruhlah si penekun desti ini meminta izin kepada Penunggun Karang si target jika mau mengirim teluh dan destinya ke sasaran.

Jika Penunggun Karang tidak memberikan izin dan tak berkenan, maka si penekun desti itupun tidak akan bisa berbuat apa-apa, Lebih lanjut dijelaskan, jika ada orang berniat jahat seperti pencuri atau rampok. Percaya atau tidak, kekuatannya mampu membuat orang berniat jahat linglung, bingung dan yang lainnya.

Menariknya, Penunggun Karang mampu membuat perlindungan dengan tipuan ilusi bila ada orang berniat jahat yang memasuki rumah. Bisa membuat rumah seolah-olah nampak menjadi lautan sehingga orang yang berniat jahat lari tunggang-langgang. Bahkan Penunggun Karang, dapat membuat orang yang berniat jahat berjalan sepanjang hari mengitari pekarangan rumah itu tidak menemukan jalan pulang. Anehnya lagi, Penunggun Karang mampu memunahkan dengan seketika jimat gaib seseorang yang berniat jahat.

Doa di Penunggun Karang :

Om Sang Hyang Cili Manik Maya Sang Sedahan Karang Ya Namah Swaha.

Post a Comment